Friday 23 May 2014

cara menjadi comic stand up comedy (tutorial)

assalamualaikum.wr.wb..


malam ini gua nonton stand up comedy season 4 kompas tv nih, beneran gua ga bohong. hah? apaan? nontonnya di tv? ya enggalah, ya kali engga mungkin lah gua nonton di tv, engga level ya buat gua, gua itu nontonnya di balai kartini, setelah gua sampai, gua masuk kesana, lalu ada bangku, dan ada sebuah tv dan channelnya kompas tv, gua tonton deh.
terus apa? ya terus gua pengen banget jadi comic (bukan obat batuk ya) comic itu adalah seorang standupcomedy'an. nah iya gua pengen banget jadi comic tapi gua itu bukan orang lucu. gua mah orang Benda Baru Pamulang.
untuk jadi seorang comic kita itu dituntut untuk:
- engga punya rasa malu (okeh urat malu udah gua putusin)
- percaya diri (tapi gua cuma percaya sama allah)
- pintar berbicara didepan umum (tenang aja gua itu pinter kok ngomong, ngomongin temen dari belakang)
setelah ketiga syarat itu udah gua penuhi, ternyata setelah gua tau bahwa ada yang bilang stand up comedy adalah comedy cerdas. apaan? comedy cerdas? berarti harus cerdas dong? yaudahlah okeh gua mundur. abis itu maju.
langsung aja nih cara untuk menjadi seorang comic:


Postingan ini gue ambil dari tweet twitternya @radityadika. Cuma mau share buat teman-teman yang belum baca. Semoga bermanfaat. :)
Hari ini gue mau ngobrolin aspek lain yg sebenarnya penting untuk dipelajari dalam standup comedy, yaitu: #persona.
Banyak yg temen2 yg udah bicara soal teknik standup comedy, spt bang @ramonpapana @ismahs @notaslimboy dll. Gue ngobrolin #persona aja deh.
Sebelum gue mulai ngobrolin soal #persona, gue mau ngasih tau istilah2 standup comedy, biar nyambung gitu. Ihihihihi.
Comic = orang yg melakukan standup comedy. #persona
Bit = sebuah lelucon dalam sebuah set materi seorang standup comedian. #persona
Delivery = cara seorang comic menyampaikan bit-nya atas panggung. #persona
Nah, persona secara harafiah berarti "social mask", topeng sosial. Dipakai jg sbg istilah untuk 'karakter' dlm pertunjukan teater. #persona
Persona, dalam konteks standup comedy mengacu pada aura, karakter panggung seorang comic. Topeng yg dia pakai di atas panggung. #persona
Jadi, persona seorang comic adalah topeng apa yang dia pakai di atas panggung. Apakah dia org yg sinis? Pemarah? Heboh? #persona
Persona seorang comic tidak serta-merta merupakan kepribadian asli dia. Bisa jadi karakter yg dia ingin mainkan. #persona
Persona berkaitan erat, dgn delivery materi seorang comic, tapi sebenarnya tidak terbatas pada itu saja. #persona
Persona didapatkan dari gesture, ekspresi muka, gaya berpakaian, sampai emosi yg dibawakan di atas panggung. #persona
Comic yg baik yg personanya kuat, sehingga berbeda dari comic lainnya. You don't have to be better, you just have to be different. #persona
Contoh2 comic keren dgn persona keren. Persona oracle (pemberi pencerahan) pada George Carlin. Dia seperti berceramah di panggung. #persona
…atau bisa jadi pemarah, sinis, dan penggerutu seperti Larry David. Dia sering marahin penonton dari atas panggung! #persona
…atau sebagai pemerhati yg dingin seperti Jerry Seinfeld. Bajunya rapih, tutur katanya terstruktur jelas, banyak jeda bicara. #persona
…atau sebagai orang yg anew dan out of place seperti Zach Galifianakis. Rambutnya acak adut, sering bengong di atas panggung. #persona
…atau sebagai seseorang yg manic, heboh, hiperaktif, seperti Dane Cook. Sering loncat di atas panggung, teriak2, banyak main suara. #persona
Idealnya, persona berkaitan dengan bit seorang comic.. #persona
..seorang comic yg bitnya ttg kutubuku, kalau personanya juga kekutubukuan, pasti jadi lebih mantep.#persona
..Contoh, gue nonton @shanibudi (coba youtube), bitnya ttg kutubuku, personanya yg ditampilkan di panggung juga kekutubukuan.. #persona
..pembawaan @shanibudi rada canggung, delivery-nya lambat. Bajunya ada lambang superhero di dadanya. Persona: kutubuku. Komplit. #persona
Persona seorang comic bisa lahir dgn sendirinya, terbawa oleh bit yg dia pakai. Atau dipersiapkan dengan matang secara sadar. #persona
Bagi seorg comic yg beruntung, mereka bisa nemu sendiri persona yg unik hanya dgn main dari panggung ke panggung.. #persona
..Namun, ada beberapa comic yg sampai skrg bahkan personanya gak keluar. Ini sayang banget. Dia akan terlihat sama dgn comic2 lain. #persona
Jadi, jika mau jadi comic yg dapat dilihat berbeda, mulai sekarang tentukan persona panggungnya mau seperti apa. #persona
Cari kekuatan dan kelemahan dan ciri pribadi yang kita punya, lalu tentukan persona apa yg mau di-develop. #persona
Contohnya: persona yg males, di panggung matanya sayu, delivery-nya males2an. Atau yg kebapakan, baju rapih, delivery-nya hangat. #persona
Kalau kita sudah menentukan persona, maka gesture, baju, dan delivery harus diperhatikan agar sesuai dgn persona tersebut. #persona
Persona bisa dimulai dari yg dekat dgn diri sendiri. Jangan pake persona rockstar kalau sebenernya suka nangis denger musik mellow. #persona
Semakin unik persona yg kita punya (misal: anak gym naif), akan semakin membedakan kita dengan comic lain. #persona
Cara menajamkan persona hanya dengan banyak2 naik panggung, semakin sering stand up, semakin terbentuk persona kita. #persona
Kalau udah ketemu persona-nya, maksimalkan agar membekas di kepala penonton. Ini akan semakin memisahkan kita dari comic lain. #persona
Persona is what makes you unique as a comic. Remember, you don't need to be better, you just need to be different. :) #persona #selesai

Tips menjadi comic

tips ini diambil dari sumber
1.       Tulis materi lu dengan benar,  pake rumus yang benar ( yang mau rumus minta ama gue ). Ingat yah DITULIS. Jangan di makan apalagi di bakar. Jangan ikut ikutan bego kaya orang jaman dulu yang ngebakan Al quran trus abu nya di makan trus khatam. Sumpah jika ini lu lakuin bukan nya lu jadi comic malah serek tenggorokan lu. 

2.       Jika lu di panggung hindari kata, “Gue ngga ngerti, Gue bingung, Gue herann” LU SEKOLAH NGGA SIH !
3.       Jangan coba coba bawain materi cina jika lu stand up di kawasan Jakarta utara atau kelapa gading. Kecuali lu mau jadi orang pertama yang masuk muri di gebukin cina rame-rame.

4.       Kelucuan di lihat dari materi, jangan coba-coba ngelucu dari style. Rambut di lucu2in, kumis di pendekin kaya jojon, kaki di pincang-pincangin apalagi sampai  memotong kaki sebelah demi mengharapkan kelucuan.  Bukannya lucu malah lu bisa masuk harian kompas “ Seorang manusia tega memotong kakinya demi berstand up comedy” ingat ini STAND UP COMEDY yah bukan STAND UP BERDARAH. 

5.       Mandilah sebelum ber setand up comedy. Se ganteng-ganteng nya elu. Bakal kelihatan jelek dan bau jika lu ngga mandi, apalagi udah jelek dari sono nya, udah jelek, bau, ngga lucu lagi.
6.       Belajarlah dari orang-orang yang profesional,  jangan belajar stand up comedy ama FPI, Partai Nasdem apalagi sama mbah mbah MLM. 

7.       Jika materi anda sudah matang cobalah open mic lewat comunitas stand up di berbagai tempat, jangan sekali kali open mic di gereja atau mesjid apalagi kalau khutbah jumat lu ganti jadi ajang uji materi. Selain bego itu juga belum pernah ada di indonesia.


untuk pertanyaan atau request artikel mention ke account twitter @kenmaulanaa

Read More (baca juga artikel gua yang lainnya:
> sejarah stand up comedy
> 4 tipe orang lucu
> kesalahan penulisan berita tv one yang kocak dan lucu
> 100 foto dp bbm kocak dan keren
> cara menghipnotis orang dengan cepat (tutorial)
> cara darurat melihat dengan jelas tanpa bantuan kacamata

No comments:

Speak Your Mind

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates