Tuesday 20 May 2014

5 fakta tersembunyi JAKARTA yang belum diketahui

assalamualaikum.wr.wb...

Jekardah? ada yang tau jekardah itu apa? jekardah itu adalah jakarta, cuma pengucapannya di bule bulein gitu. artis luar negri kan gitu kalau menyapa fans nya yang ada di jakarta pasti gapernah bisa mengucap kata jakarta dengan benar. udah gitu sekarang kata jekardah sering dipakai oleh artis artis dalam negri, mungkin biar dibilang keren. oh iya sekarang gua mau share tentang jekardah lagi, eh maksudnya jakarta. kalau kemarin kan tentang gambar gambar jakarta dimasa depan nah sekarang gua mau share tentang 5 fakta yang belum diketahui banyak orang tentang jakarta, berikut faktanya:


1. Jakarta 13 Kali Ganti Nama
 
Jika kamu pikir Jakarta hanya pernah berganti nama sebanyak dua kali? Maka kamu salah besar. Dahulu, Jakarta hanya berupa sebuah pelabuhan kecil yang bernama Sunda Kelapa, kemudian berubah menjadi Jayakarta.
Lalu, pemerintahan Belanda menduduki Jayakarta dan berganti nama menjadi Sta Batavia, yang kemudian berubah lagi menjadi Gemeente Batavia pada 1905.
Pada tahun 1942, pendudukan Jepang membuat nama Batavia dubah menjadi Jakarta Toko Betsu Shi. Lalu setelah Jepang menyerah kepada sekutu, namanya menjadi Pemerintah Nasional Kota Jakarta.
Selang beberapa lama, Jakarta diduduki oleh pemerintahan NICA, namanya pun kembali seperti dulu, Stad Gemeente Batavia. Dan, pada 24 Maret 1950 diubah kembali menjadi Kota Praja Jakarta. Pada 18 Januari 1985 bernama Kota Praja Djakarta Raya.
Kemudian pada 1961 terbentuklah Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya.

2. Maskot Jakarta
 
Masih banyak orang yang mengira bahwa maskot Jakarta adalah Monas. Yang sebetulnya adalah Elang Bondol dan Salak Condet. Maskot ini diresmikan pada tahun 1989.
Mengapa elang bondol dan salak condet? Dahulu, Jakarta masih memiliki pepohonan yang rimbun dan hamparan tanah lapang. Karena kesejukannya, elang bondol kerap terlihat di langit Kota Jakarta. Sedangkan salak condet merupakan buah asli dari Jakarta yang tumbuh di kawasan Condet.
Jika kamu ingin melihat patung maskot DKI Jakarta, datanglah ke kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

3. Mitos Patung-Patung Di Jakarta
 
Jangan salah sangka, saya tak akan membicarakan tentang hal gaib ataupun mistis. Namun, ini cukup unik Lihatlah Monas. Apa kamu pernah menyadari kalau bentuk lidah api Monas menyerupai sosok perempuan yang sedang bersimpuh menghadap Istana Negara? Ya, hal tersebut benar adanya. Tapi tak ada jawaban pasti tentang siapa sosok perempuan ini.
Satu hal lagi yang harus kamu ketahui, bahwa patung yang berada di wilayah Pancoran, Jakarta Selatan, bukanlah bernama Patung Pancoran, melainkan Patung Dirgantara.

4. Mall Berjaya
 
Entah ini hal yang baik atau buruk. Namun, tahukah kamu bahwa Jakarta merupakan kota dengan mall terbanyak di dunia. Saya tekankan, DI DUNIA!

5. Banyaknya Museum
 
Mengingat fakta di atas, jika kamu warga Jakarta yang tauladan, maka jangan hanya pergi ke mall saja dan kunjungi museum-museum yang ada di Jakarta. Museum apa saja yang ada di Jakarta? Oh, banyak sekali! Terhitung ada 47 museum tersebar di ibukota Jakarta.

Gimana jadi banyak tau kan? ga rugi juga kan baca blog Bacaan Modern terima kasih sudah mengunjungi blog ini. untuk pertanyaan atau request artikel mention ke account twitter @kenmaulanaa 
artikel ini telah diperbaharui oleh admin dengan referensi sumber 
Read More (baca juga artikel gua yang lain nya):

No comments:

Speak Your Mind

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates