Saturday 16 August 2014

pentingnya mengenal dan cara mencegah 'bencana' alam

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...

            Sebelum membicarakan apa itu Bencana, yuk kita cari tau terlebih dahulu apa sih yang dimaksud dengan bencana? nah menurut KBBI (kamus besar bahasa Indonesia) bencana adalah segala sesuatu yang dapat menyebabkan atau menimbulkan kesusahan, kerugian, atau penderitaan. oh iya ternyata bencana banyak macamnya dan penyebabnya beragam. salah satu penyebabnya yaitu karena kelalaian manusia & kurangnya rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar ataupun alam, contoh kecilnya seperti membuang sampah sembarang disungai yang dapat mengakibatkan bencana banjir. jadi saya menyimpulkan setiap kejadian/peristiwa(bencana) itu pasti ada penyebabnya dan dari penyebabnya itulah kita harus belajar agar kita tidak mengulangi melakukan perbuatan yang dapat menyebabkan kejadian/peristiwa(bencana) itu terjadi.
            apakah masih anda ingat beberapa bencana alam yang pernah terjadi di Indonesia? seperti Bencana alam maha dahsyat yang terjadi pada tanggal 26 desember 2004 yang memakan sekitar 200.000 korban jiwa dan ribuan orang kehilangan anggota keluarga dan tempat tinggalnya.
ya anda benar, bencana alam tsunami laut hindia atau yang kita kenal sebagai "tsunami aceh"

            Pada bencana tsunami aceh tersebut kita dituntut untuk dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari apa yang telah terjadi di aceh 10 tahun yang lalu. seperti cara mencegah, mengantisipasi & sikap siap sigap setelah terjadi bencana. mengapa demikian? karena seperti kata pepatah "pengalaman adalah guru terbaik kita" jangan jadikan pengalaman pahit membuat kita putus semangat, putus asa, tapi pengalaman pahit tersebut kita jadikan sebagai motivasi agar hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini.

Pencegahan Bencana
             Kapan terjadinya bencana memang tidak ada yang mengetahuinya, tapi alangkah baiknya jika kita berusaha untuk mencegah agar bencana/musibah itu tidak terjadi. adapun caranya seperti berikut:
- Menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar atau alam. 
contohnya: tidak membuang sampah sembarangan, tidak menebang pohon dihutan secara liar dll
- Menambahkan pengetahuan dibidang tekhnologi. 
contohnya: alat pendeteksi tsunami, alat monitoring aktifitas gunung berapi, alat pendeteksi cuaca. dll
- Pemerintah, lembaga-lembaga, instansi swasta maupun negri dan masyarakat harus saling bekerja sama untuk mensosialisasikan pentingnya pengetahuan akan bencana, seperti bagaimana cara mencegah bencana, cara penanggulangan bencana dan cara sikap siap sigap setelah terjadi bencana. 
contohnya: sering diadakan seminar di sekolah sekolah dari SD, SMP, SMK/SMA sampai di Universitas, di balai desa atau dikantor kelurahan didaerahnya masing masing.

 Sikap siap sigap setelah terjadi bencana:
                 Biasanya setelah terjadi bencana tidak sedikit orang orang yang cuek atau acuh akan terjadinya bencana, tetapi untuk saat ini alhamdulillah di Indonesia masih banyak orang orang yang tergerak hatinya untuk membantu saudara, teman atau bahkan orang lain yang terkena bencana. budaya tolong menolong ini memang harus dilanjutkan dan harus tetap dipertahankan agar tidak punah dizaman anak cucu kita kelak. adapun caranya siap sigap setelah bencana sebagai berikut:
- SIAP, ikhlas, rela berkorban memberikan material atau tenaga untuk membantu saudara saudara kita yang tertimpa musibah atau bencana.
- SIGAP dan waspada akan resiko apapun yang terjadi saat kita membantu atau menolong orang lain yang tertimpa musibah atau bencana, seperti berhati hati saat mencari korban selamat dibangunan yang sudah rapuh atau hampir roboh.
- SABAR untuk terus mencari korban selamat walaupun kemungkinan untuk korban selamat hanya 1%
- MENGAJAK teman, saudara, dan orang lain untuk ikut serta membantu orang orang yang tertimpa musibah atau bencana
- TIDAK PANIK saat terjadi bencana maupun setelah terjadi bencana, tujuannya agar kita dapat berfikir secara sehat untuk cepat dalam mengambil keputusan, kenapa demikian? biasanya orang jika sedang panik dia cenderung tidak bisa berfikir secara baik.

ayo terus berbagi pengetahuan tentang bencana. terutama bencana alam. karena kalau bukan kita, lalu siapa lagi? dan kalau bukan sekarang, lalu kapan lagi?



artikel ini diikutsertakan dalam lomba menulis kebencanaan

 

No comments:

Speak Your Mind

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates