Wednesday 8 May 2013

hal tentang indonesia yang diakui UNESCO

asalamualaikum.wr.wb.
tau unesco? pasti sudah pada tau kan? yappp pada tahun 2012, 26 cagar budaya di indonesia masuk nominasi warisan dunia unesco. menurut direktur pelastarian cagar budaya dan permuseuman kementerian pendidikan dan kebudayaan, Surya Helmi, 13 cagar budaya indonesia masuk dan terpilih mendapatkan sertifikasi dan pengakuan oleh unesco bahwa itu warisan dunia.
diantaranya 6 masuk kategori tak benda, 4 cagar budaya kategori benda dan 3 lain nya kategori alam.

dan di akhir tahun 2012 unesco menetapkan noken, rajutan khas papua sebagai warisan budaya dunia.

               noken

nah broo setelah tadi gua nge googling, gua nemuin dari wikipedia SUMBER
kan namanya juga tujuan blogger itu untuk meng share info info yang mungkin saja berguna, iya ga??
berikut nih 6 kesenian indonesia yang diakui oleh unesco.



Indonesia yang memiliki suku bangsa dan ras yang sangat beragam, sudah tentu memiliki kesenian dan kebudayaan yang beragam pula, dan ini adalah 6 kebudayaan/kesenian indonesia yang dijadikan Warisan Dunia oleh UNESCO.

1. Wayang


     Wayang adalah seni pertunjukkan asli Indonesia yang berkembang pesat di Pulau Jawa dan Bali. Selain itu beberapa daerah seperti Sumatera dan Semenanjung Malaya juga memiliki beberapa budaya wayang yang terpengaruh oleh kebudayaan Jawa dan Hindu.

    UNESCO, lembaga yang membawahi kebudayaan dari PBB, pada 7 November 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukkan bayangan boneka tersohor dari Indonesia, sebuah warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).

2. Batik



     Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagaiWarisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009.

3. Keris


     Keris adalah senjata tikam golongan belati (berujung runcing dan tajam pada kedua sisinya) dengan banyak fungsi budaya yang dikenal di kawasan Nusantarabagian barat dan tengah. Bentuknya khas dan mudah dibedakan dari senjata tajam lainnya karena tidak simetris di bagian pangkal yang melebar. Keris Indonesia telah terdaftar di UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia Non-Bendawi Manusia sejak 2005.

4. Angklung



      Alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional ini berkembang dalam masyarakat berbahasa Sunda di Pulau Jawa barat. Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil. Angklung terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Non-bendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010.

5. Tari Saman



     Dalam beberapa literatur menyebutkan tari Saman di Aceh didirikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara. Tari Saman ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak benda UNESCO di Bali, 24 November 2011.

6. Noken


     Masyarakat Papua biasanya menggunakannya untuk membawa hasil-hasil pertanian seperti sayuran, umbi-umbian dan juga untuk membawa barang-barang dagangan ke pasar. Karena keunikannya yang dibawa dengan kepala, noken ini di daftarkan ke UNESCO sebagai salah satu hasil karya tradisional dan warisan kebudayaan dunia dan pada 6 desember 2012 ini, noken khas masyarakat Papua ditetapkan sebagai warisan kebudayaan tak benda UNESCO

udah ya sobb segitu aja, semoga jadi pengetahuan tambahan buat kita semua.. hehe. @kenmaulanaa

1 comment:

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates