Wednesday 26 June 2013

mengenal kisah inspiratif beethoven (pengarang lagu piano fur elise)

asalamualaikum.wr.wb..

Ludwig van Beethoven (dibabtis 17 desember 1770 di bonn, wafat 26 maret 1827 di wina) adalah seorang komponis musik klasik dari jerman. Karyanya yang terkenal adalah simfoni ke-lima dan ke-sembilan, dan juga lagu piano fur elise. Ia dipandang sebagai salah satu komponis yang terbesar dan merupakan tokoh penting dalam masa peralihan antara zaman klasik dan zaman romantik. Semasa muda, ia adalah pianis yang berbakat, populer di antara orang-orang penting dan kaya di wina, austria, tempatnya tinggal. Namun, pada tahun 1801, ia mulai menjadi tuli.
Ketuliannya semakin parah dan pada 1817 ia menjadi tuli sepenuhnya. Meskipun ia tak lagi bisa bermain dalam konser, ia terus mencipta musik, dan pada masa ini mencipta sebagian karya-karyanya yang terbesar. Ia menjalani sisa hidupnya di wina dan tak pernah menikah.
Pada pertengahan 1801, Beethoven menyadari bahwa daya pendengarannya mulai berkurang akibat otoslerosis. Sebuah surat yang ditemukan di sebuah rumah Beethoven di heiligenstadt dekat Wina yang dikenal sebagai ‘Warisan Heiligenstadt’ berisikan betapa sedihnya Beethoven karena penyakit yang dialaminya. Kesedihannya memang wajar karena pada saat itu Beethoven sedang dalam puncak kariernya. Karena penyakit ini, Beethoven menjadi depresi dan dia menjadi semakin minder dalam pergaulan sosial. Salah satu alasan lain depresinya Beethoven adalah karena ia tak berhasil mendapatkan ‘teman hidup’. Banyak wanita bangsawan yang sering dicintainya namun umumnya cintanya bertepuk sebelah tangan. bener bener galau yakk masa hidupnya ;D
Pada tahun 1802, Beethoven keluar dari kemuramannya. Dia melanjutkan membuat komposisi. Pada tahun 1803 dia mementaskanPiano Concerto in Eb Major, Op. 37 dan tampil sebagai solois. Pada tahun yang sama Beethoven juga memainkan Violin Sonata Op. 47 miliknya dengan violinis virtuoso George Polgreen Bridgetower (1799-1860) dan mempersembahkan karya tersebut kepada Rudolph Kreutzer.
Pada tahun 1811, Beethoven semakin depresi pada masa sulit ini. Terutama karena ia tak berhasil mendapat jodoh. Salah satu wanita yang ia pinang adalah Countess Therese Malfatti namun ia ditolak. Beethoven juga mengalami krisis keuangan karena terjadi penurunan mata uang kertas di Wina. Harga uang menjadi seperlima dari mata uang terbaru. Beethoven juga mengalami perselisihan dengan adiknya, Johann. Namun, Beethoven mulai mengerjakan Symphony No. 7 in A Major, Op. 92 dan selesai pada awal 1812.
Pada musim semi tahun 1812, Beethoven berkunjung ke spa di teplitz dan bertemu dengan johahn wolf von gothe, salah satu orang yang paling ia kagumi semenjak masa kecilnya. Pada tanggal 8 desember 1813, Beethoven membuat simfoni ‘perang’ berjudulWellington’s Victory. Beberapa komponis terkenal seperti Hummel, Mayseder, Moscheles, dan Salieri ikut ambil bagian pada pementasan simfoni ini.
emm, mungkin makna dari pengalaman hidup beethoven yg bisa kita ambil adalah.. "dunia sesuatu saat memang bisa menjatuhkan kita, tapi kita yang memilih BANGKIT atau TIDAK" - @kenmaulanaa
ini foto beethoven ketika berumur 13 tahun
ini waktu ketika masih muda
ini video music salah satu karya dia yg terkenal fur elise





postingan ini direquest oleh @RayFR_

No comments:

Speak Your Mind

Powered By Blogger · Designed By Seo Blogger Templates